Rabu, 21 September 2011

CERMIN KEHIDUPAN

Kehidupan sebenarnya seperti cermin, ketika kita berbuat baik untuk orang lain., orang-orang akan berbuat baik kepada kita...?!!

Mengapa kadang kita sangat mudah memaafkan si A., dan selalu membelanya bila ada orang yang mengkritik., sebaliknya kita mudah sekali marah pada si B hanya karena kesalahan yang kecil saja dan selalu memandang dari sisi Negatif nya saja..!!??


Setiap orang di dalam hatinya memiliki rekening emosi atas nama teman, dan semua orang yang dikenalnya.., ketika si A berbuat baik pada saya, saya catat nilai positif pada rekening-nya., ketika si A berbuat baik pada anak buahnya, saya melihat dan mencatat lagi pada rekening-nya., perbuatan baik berkali-kali, baik kepada saya atau pun pada orang lain yang saya tau.,membuat rekening positif-nya menumpuk, sehingga suatu saat dia lepas pada saya, maka saya anggap dia lalai tanpa sengaja dan langsung saja memaafkan, karena dia punya banyak sekali tabungan positif pada rekening-nya..?!?!


Sebaliknya., orang yang anda anggap egois, sering berkelakuan buruk pada anda ataupun pada orang lain.,anda catat nilai negatif pada rekening-nya, ketika dia memarahi pembantu-nya dan ketika dia memukul anjing nya., anda catat karakter orang ini dengan nilai negatif terus., sehingga walaupun dia sudah berbuat sedikit kebaikan pada anda., tetap saja anda tidak menyukai-nya...?!?! karena negatif-nya jauh melebihi positif-nya...!?


Kalau anda di catat selalu positif pada orang sekeliling anda., maka jalan anda adalah jalan nikmat yang terbentang rumput hijau, karena apapun yang anda lakukan akan lebih dinilai secara positif oleh orang lain.., sebaliknya kalau anda dicatat ber-rekening negatif dimana-mana., jalan anda adalah jalan penuh kerikil tajam dan pecahan kaca yang harus anda lalui dengan telanjang kaki, sedikit saja kesalahan..., bisa jadi membuat anda luka dan berdarah-darah..!!??


Dengan rekening positif yang banyak anda akan ditolong orang saat kesusahan., dibantu saat berbisnis., dibeli walau agak mahal., di-refrensikan kemana-mana...??!!


Contoh sederhana., kehidupan adalah ketika orang yang dianggap baik berkata 'sinis' kata-nya "lucu"., kalau orang yang ngebenciin berkata 'sinis', dibilang " memang orang jahat atau sesat" 
Itulah.., manfaat rekening emosi yang positif pada orang banyak....!!      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar